Skripsi PGSD
Pengaruh Lingkungan Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman ; Pendekatan Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas IV SDN Wanaherang 04 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021
Riska Rachmawati Rachmat. 037117112. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar
Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman pada peserta didik kelas IVA dan
IVB Sekolah Dasar Negeri Wanaherang 04 Kecamatan Gunung Putri
Kabupaten Bogor Semester Genap tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kausal, subyek penelitian ini berjumlah 66 peserta
didik kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Wanaherang 04 Kecamatan
Gunung Putri Kabupaten Bogor Kemudian diambil sampel sebanyak 40 peserta
didik yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan
data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk
lingkungan belajar di rumah dan soal pilihan ganda untuk hasil belajar subtema
kebersamaan dalam keberagaman. Uji validitas instrumen dihitung
menggunakan rumus koefisen Product Moment Pearson dan Uji reliabiltas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian prasyarat analisis pada
uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = -0,027 <
Ltabel = 0,140 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan
menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 1,40 < Ftabel = 4,10
yang bersifat homogen. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik
analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ= 71,47 + 0,015x artinya setiap
peningkatan satu unit literasi membaca maka akan meningkat hasil belajar
peserta didik sebesar 0,015 unit. Pengujian korelasi sederhana sebesar 0,40
yang dikategorikan sedang, dengan koefisen determinasi r2 = 0,16 yang
menunjukan bahwa lingkungan belajar di rumah berkontribusi sebesar 16%
terhadap hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman, sedangkan
84% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar subtema kebersamaan
dalam keberagaman pada kelas IV SDN Wanaherang 04 Kecamatan Gunung
Putri Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0140.C1 | 140 RAC | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain