Skripsi PGSD
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas V SDN Karadenan Semester Ganjil Tahun 2022/2023.
ujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis
siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan
metode kuntitatif dengan pendekatan kausal. Subjek penelitian merupakan
siswa kelas V SDN Karadenan dengan sampel 47 siswa dari 90 siswa yang
diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan pada
semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Pengujian prasyarat analisis
berupa uji Liliefors dan uji Fisher. Hasil penelitian menunjukan adanya
pengaruh antara Kemampuan Berpikir Kritis (X) terhadap Hasil Belajar
Matematika (Y) secara analisis statistik dibuktikan dengan hasil uji
signifikansi dan dengan persamaan regresi Ŷ = - 14,4 + (0,98X). Artinya
pada tiap kenaikan satu unit variabel kemampuan berpikir kritis akan
meningkat pula hasil belajar siswa sebesar 0,98 unit. Kekuatan antara
Kemampuan Berpikir Kritis (X) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y)
dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar (rxy) 0,97 dengan koefisien
determinasi 0,9467. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh
positif yang cukup besar antara kemampuan berpikir kritis siswa terhadap
hasil belajar matematika
2022SPGSD0116.C1 | 116 ALZ | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain