Skripsi PGSD
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Cinangka 02 Kp. Oray Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
Aminah Anggriani. NPM 037114360. “Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial ” Studi Penelitian Tindakan Kelas di kelas V Sekolah
Dasar Negeri Cinangka 02 Kecamatan Ciampea Kota Bogor tahun
pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor
2019. Dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan obyek
yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses
pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas V terdiri dari 17 siswa perempuan dan 19 siswa lakilaki. Hasil belajar pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar
sebesar 72% dan 89% pada siklus II. Sedangkan hasil perubahan sikap
siswa menunjukan adanya peningkatan pada keaktifan, kerjasama, dan
kedisiplinan denga nilai rata-rata sebesar 77,5 pada siklus I dengan
interpretasi baik, dan 84 pada siklus II dengan interpretasi sangat baik.
Selain itu, terjadi peningkatan pada perubahan aspek psikomotor siswa
pada bahasa lisan, kesesuaian peran dan keberanian dengan nilai ratarata 73 berinterpretasi baik pada siklus I, dan 84 pada siklus II dengan
interpretasi sangat baik. Begitu pula dengan pelaksanaan pembelajaran
yang mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 77
dan pada siklus II yaitu 79, maka penelitian dinyatakan berhasil. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial di kelas V SDN Cinangka 02 Kecamatan Ciampea
Kota Bogor, selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan sikap
dan psikomotor siswa dalam proses pembelajaran.
2019SPGSD0234.C1 | 234 ANG | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain