Skripsi Indonesia
Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Wattpad Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Sugestif Siswa Kelas VII SMPN 5 Tanjung Pandan Belitung Kepulauan Bangka Belitung
Diah Anggraini 032118002. Hubungan antara Kebiasaan Membaca Wattpad dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Sugestif Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tanjung Pandan Belitung Kepulauan Bangka Belitung. Skripsi. Universitas Pakuan. Di bawah Bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca Wattpad dengan keterampilan menulis teks narasi sugestif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tanjung Pandan Belitung. Sampel sebanyak 38 responden. Metode penelitian yang digunakna adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner dan tes. Analisis dilakukan dengan korelasi product moment (person). Hasil penelitian menunjukkan kontribusi kebiasaan membaca Wattpad pada keterampilan menulis teks narasi sugestif sebesar 0,171 atau sebesar 17% dan berada pada taraf sangat rendah. Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel yang terdapat pada tabel korelasi product moment diperoleh keterangan bahwa taraf signifikan 5% pada N=38 adalah 0,312. Hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat hubungan positif antara kebiasaan membaca Wattpad dengan keterampilan menulis teks narasi sugestif terbukti kebenarannya; Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan membaca Wattpad (X) dengan keterampilan menulis teks narasi sugestif (Y) yakni hanya 17% dengan taraf sangat rendah.
Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Wattpad, Teks Narasi Sugestif
2022SI0043.C1 | 43 ANG | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain