Skripsi PGSD
Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar : Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC SDN Julang Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020
(Muhammad Fadli Ramadhan). 037115266. Hubungan Efikasi Diri dengan
Motivasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode studi korelasional pada Efikasi Diri sebagai variabel bebas dan
Motivasi Belajar Siswa sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui adanya hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi
Belajar Siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA, IVB, dan IVC
Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun
Pelajaran 2019/2020 berjumlah 96 dengan sampel sebanyak 64
responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner
skala likert untuk variabel Efikasi Diri dan variabel Motivasi Belajar Siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan
signifikan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa. Hal ini
berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy)
sebesar 0,601 dan dalam pola permasalahannya menjadi Ŷ = 0,36 +
(0,74x) yang berarti tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung
sebesar 5,578 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata nyata 0,05 sebesar
2,004 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa.
Kata kunci : Efikasi Diri, Motivasi Belajar Siswa
Tidak tersedia versi lain