Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV SDN Pasir Eurih 05 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Melinda Tri Ananda. 037118058. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku pada kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pasir Eurih 05 Kabupaten Bogor kelas IV-A dan IV-B pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 68 dengan kriteria sedang dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 39 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 6,14406 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714 menunjukan Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV di SD Negeri Pasir Eurih 05 Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning
2022SPGSD0111.C1 | 111 ANA | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain