Skripsi PGSD
Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kemandirian Siswa : Penelitian ini Menggunakan Penelitian Kausal di Kelas V SDN Margajaya 1 Kecamatan Bogor Barat Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019
Mufida Marliana. NPM 037114365. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap
Kemandirian Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2019. Penelitian ini menggunakan studi kausal yang terdiri dari Interaksi
Sosial variabel bebas dan Kemandirian Siswa variabel terikat. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Interaksi Sosial
dan Kemandirian Siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor
yang berjumlah 52 siswa serta diperoleh dengan menggunakan rumus
taro yamane. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas
dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mendurvei
sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Interaksi Sosial
terhadap Kemandirian Siswa. Persyaratan analisis berupa uji normalitas
dan Liliofers untuk variabel interaksi sosial dan kemandirian siswa
menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel (0,0955 < 0,1229) artinya kedua variabel
tersebut berdistribusi normal. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan
uji homogenitas menggunakan uji Fisher yang menunjukkan bahwa Fhitung
< Ftabel yaitu 1,25 < 4,03 yang berarti kedua variabel dari populasi
berditribusi homogen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik
analisis regresi dan korelasi sederhana, dimana kedua analisis tersebut
menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan
regresi Ŷ = 1,97 + 0,79x berarti signifikan. Kekuatan pengaruh Interaksi
Sosial dengan Kemandirian Siswa koefisien determinasi (KD) = 0,976
atau sebesar 97,6%. Hal ini berarti kontribusi Interaksi Sosial terhadap
Kemandirian Siswa adalah sebesar 97,6%. Kemudian dilihat dari hasil
perhitungan semua data H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Interaksi Sosial
terhadap Kemandirian Siswa.
2019SPGSD0235.C1 | 235 MAR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain