Skripsi PGSD
Pengembangan Media Game Interaktif Elektronik Berbasis Quizwhizzer Pada Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media game Interaktif Elektronik Berbasis QuizWhizzer Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan pada peserta didik SDN Cikutamahi 01. Metode yang digunakan dengan Research and Development (R & D) tipe ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar validasi ahli media, bahasa, dan materi yang berjumlah enam orang, dan lembar angket respon peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya produk. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai validasi ahli media sebesar 92%, rata-rata validasi ahli bahasa sebesar 100%, dan rata-rata validasi ahli materi sebesar 98,33%. Kemudian dari 24 soal diketahui valid semua dengan reliabilitas sebesar 52,42% dalam kriteria “Reliabel”. Hasil persentase angket respon peserta didik sebesar 95,23% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Game Interaktif Elektronik Berbasis QuizWhizzer Pada Subtema Usaha Pelestraian Lingkungan yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat layak digunakan sebagai alat evaluasi di kelas V SDN Cikutamahi 01.
Kata Kunci: Media Game Interaktif Elektronik, Quizwhizzer, Usaha Pelestarian Lingkungan.
Tidak tersedia versi lain