Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku : Pendekatan Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV A dan IV B SDN Cilangkap 8 Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021
Mega Septi Harnah 037117101. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 8 Kota Depok Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 8 Kota Depok yang terdiri dari 69 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Subtema Bangga Terhadap Tempat Tinggalku melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas IV-A dan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas IV-B. Perhitungan N-Gain model Problem based learning sebesar 65 dengan kriteria sedang, dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 38 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,06) ≤ (0,15), pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu (0,05) ≤ (0,15). Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ Ftabel, didapatkan nilai (0,29) ≤ (1,77). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 1,996008 lebih besar dari ttabel sebesar 0,2486. Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar Subtema Energi Alternatif melalui penerapan Model Problem Based Learning.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain