Skripsi PGSD
Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Penelitian Kausal pada Siswa Kelas IV A dan IV B SDN Genteng Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022
Siti Masitoh. 037117019. Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya
Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pakuan. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode studi kausal pada interaksi sosial teman sebaya sebagai variabel
bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara interaksi sosial teman
sebaya terhadap hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah
kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Genteng Tahun Pelajaran
2021/2022 yang berjumlah 57 peserta didik dengan sampel 36 responden.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner angket skala
likert untuk variabel interaksi sosial teman sebaya dan soal tes untuk
variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial teman sebaya dan
hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari pengujian korelasi sederhana
sebesar 0,81 yang dikategorikan sangat kuat, dengan koefisen
determinasi 65,61%. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan
teknik analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = -59.4+ 1,15(x). Serta
hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
karena thitung 8,004>ttabel 2,032. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial teman
sebaya terhadap hasil belajar matematika pada kelas IV SDN Genteng
Kota Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022.
2021SPGSD0152.C1 | 152 MAS | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain