Skripsi Indonesia
Analisis Kesalahan Penggunaan Hurif Kapital Dan Tanda Baca Dalam Teks Dalam Teks Deskripsi Siswsa Kelas VII SMPN 5 Kota Bogor
Lisa Maulidina. 032118116. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital
dan Tanda Baca dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota
Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri
Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf
kapital dan tanda baca dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota
Bogor serta untuk mendeskripsikan frekuensi tipe kesalahan yang terdapat dalam
teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bogor. Fokus permasalahan dalam
penelitian ini, yaitu kesalahan huruf kapital, tanda baca titik, tanda baca koma,
tanda baca hubung, tanda baca garis miring, dan tanda baca kurung. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan
untuk memaparkan data yang ditemukan secara deskriptif. Data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota
Bogor dengan 48 teks siswa sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah dokumentasi dan simak catat. Pengecekan keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil
penelitian pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bogor
ditemukan data kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca sebanyak 365
data. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa kesalahan yang paling
banyak dilakukan oleh siswa dalam menulis teks deskripsi adalah kesalahan
penggunaan huruf kapital sebanyak 235 data (64,4%), sedangkan kesalahan
penggunaan tanda baca sebanyak 130 data (35,6%). Kesalahan penggunaan huruf
kapital yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penggunaan huruf kapital
pada nama geografi sebanyak 103 data (43,8%) dan kesalahan penggunaan tanda
baca yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penggunaan tanda baca
koma sebanyak 70 data (53,8%). Kesalahan terjadi karena masih banyak siswa
yang belum memahami dan menguasai kaidah ejaan yang baik dan benar serta
siswa kurang teliti dan kurang memperhatikan penggunaan huruf kapital dan
tanda baca dalam menulis.
Kata kunci: kesalahan berbahasa, huruf kapital, tanda baca, teks deskripsi
Tidak tersedia versi lain