Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku : Studi Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Eksperimen Quasi pada Kelas IV SDN Leuwisadeng Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.
Nurhasanah. 037118143. Pengaruh penerapan Model Problem Based
Learning Tehadap Hasil Belajar Siswa Subtema Keberagaman Budaya
Bangsaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi
desain dua grup di Sekolah Dasar Leuwisadeng. Subject penelitian ini
pada siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Leuwisadeng
dengan jumlah siswa 59. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil
Tahun Pengajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan Model Problem Based Learning terhadap
hasil belajar siswa pada subtema 1 Keberagman Budaya Bangsaku. Hal
ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen yang
terdapat nilai rata-rata sebesar 69, sedangkan pada kelompok kelas
control rata-rata terdapat sebesar 48. Serta hasil pengujjian hipotesis yang
telah dilakukan yaitu bahwa menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima
karena thitung (4,91) > ttabel (200247). Dengan demikian hasil penelitian
yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem
Based Learning memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa
pada subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku.
Kata kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning, Model Pembelajaran
Tidak tersedia versi lain