Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih : Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi di Kelas V SDN Ciburayut 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.
Novia Nabila, 037118077. Pengaruh Model Problem Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Pendekatan penelitian ini
adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema
cara tubuh mengolah udara bersih. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah
Dasar Negeri Ciburayut 01 Kabupaten Bogor Kelas VA dan VB dengan
subjek penelitian berjumlah 62 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan
Agustus sampai bulan September semester ganjil. Perhitungan N-Gain
yang diperoleh 68 serta ketuntasan hasil belajar mencapai 94%, sedangkan
pada kelas kontrol yang menggunakan model Konvensional diperoleh N -
Gain yakni 56 dan ketuntasan hasil belajar yang capai yaitu 68%. Hal
tersebut diperoleh dari hasil pengujian hipotesis thitung (8,75) > ttabel
(1,99897) yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem
Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema cara
tubuh mengolah udara bersih
2022SPGSD0119.C1 | 119 NAB | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain