Skripsi Indonesia
Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Berita Teks Berita Online dan Implikasinya Tehadap Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII
Analisis kesalahan berbahasa adalah prosedur kerja yang dilakukan peneliti maupun
guru bahasa yang objek kajiannya berupa bahasa itu sendiri, proses yang didasarkan
pada analisis kesalahan orang yang sedang belajar berupa bahasa. Analisis ini dapat
dilakukan pada setiap satuan bahasa, termasuk pada tataran ejaan. Penelitian ini
mengkaji kesalahan penggunaan ejaan yang ada pada teks berita daring
Tribunnews.com dengan rentang waktu bulan Januari 2021 hingga Maret 2021. Fokus
penelitian ini adalah kesalahan pemakaian huruf, kesalahan penulisan kata, dan
kesalahan pemakaian tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bentuk-bentuk kesalahan penggunaan ejaan dan presentase dari masing-masing bentuk
kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kualitatif deskriptif,
artinya data-data yang ditemukan dalam bentuk kata-kata dan hasilnya juga akan
dijelaskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu, dokumen dengan teknik pencatatan dengan melakukan pengkajian
terhadap teks berita daring. Data dalam penelitian ini berupa kesalahan-kesalahan
penggunaan ejaan dalam teks berita daring Tribunnews.com dengan rentang waktu
bulan Januari 2021 hingga Maret 2021 dengan jumlah sebanyak 24 berita dan jumlah
data kesalahan yang didapat sebanyak 62 data kesalahan. kesalahan itu meliputi
kesalahan pemakaian huruf sebanyak 52 kesalahan, kesalahan penulisan kata sebanyak
9 kesalahan, dan kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 1 kesalahan. Dari data
kesalahan yang terbanyak pada kesalahan pemakaian ejaan, hal tersebut dapat terjadi
karena kurangnya pemahaman terkait ejaan bahasa Indoensia dan juga kesalahan
manusia itu sendiri. Dengan demikian, kesalahan yang terjadi disebabkan oleh
penggunaan bahasa asing yang kerap terus dilakukan dengan huruf biasa sehingga hal
tersebut menjadi terbiasa, bisa juga karena ketidakpahaman penulis atau editor
mengenai kaidah penulisan huruf dan juga karena penulis atau editor yang berbeda-
beda dalam mengolah sebuah teks berita sehingga kemampuan berbahasa juga akan
berbeda.
2021SI0048.C1 | 48 WIL | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain