Skripsi PGSD
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika : Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV di Madrasah Ibtida'iyah Simpang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.
iv
ABSTRAK
Rika Nurani. 037117192. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pendekatan yang diambil
adalah eksperimen quasi dengan desain dua grup di Madrasah Ibtidaiyah
Simpang Kabupaten Sukabumi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik
kelas IV A dan kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Simpang yang terdiri dari 60
peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran
2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based Learnung Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas IV. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok
Kelas Eksperimen sebesar 56 dengan ketuntasan hasil belajar 97%
sedangkan pada kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar
45 dengan ketuntasan hasil belajar 77%. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,025) > ttabel
(2000). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas IV.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning
2022SPGSD0118.C1 | 118 NUR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain