Skripsi Indonesia
Penggunaan Model Example Non Example Dalam Meningkatkan Keteramplian Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA AL- HADUD Cilengsi Bogor
Siti Patimah 2022 : Penggunaan Model Example non Example dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA AlHadiid Cileungsi Bogor. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Pakuan, Bogor, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran
example non example dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot
dan mengetahui kendala siswa kelas X SMA Al-Hadiid Cileungsi Bogor dalam
menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non
example. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Hadiid
Cileungsi Bogor, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang
juga berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik
tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis
teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example
mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen
pada prettest adalah 66 atau 61% dan posttestnya mengalami peningkatan menjadi
75,18 atau 81 %. Berbeda dengan nilai di kelas kontrol, nilai prettestnya adalah
60,73 atau 75% dan nilai posttestnya 61,4 atau 56%. Berdasarkan hasil
perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pembelajaran di kedua
kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rumus t-tes, diperoleh harga to 0,01
= 1,05 dan harga to 0,05 = 10,62. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari
pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,05 < 5,48>
10,62. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil angket menunjukkan bahwa siswa
kelas X SMA Al-hadiid Cileungsi Bogor, separuh dari siswa mengalami kendala
menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non
example dan separuh siswa lagi tidak mengalami kendala. Dari 34 siswa yang
menjadi responden, 13 responden atau 38% responden menjawab mengalami
kendala dan 21 responden atau 62% responden mengatakan tidak mengalami
kendala salam memproduksi teks anekdot menggunakan model example non
example.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Model Example non Example
Tidak tersedia versi lain