Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor

Riyadi, Tia/032118018 - Nama Orang;

Tia Riyadi 032118018. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah Bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita rakyat dan mengetahui kendalan siswa kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor dalam menulis teks cerita rakyat menggunakan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis teks cerita rakyat dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates adalah 27,18 atau 100% dan pascatesnya mengalami peningkatan menjadi 77,64 atau 39%. Berbeda dengan nilai di kelas kontrol, nilai pratesnya adalah 27,08 atau 89% dan nilai pascatesnya 69,7 atau 56%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pembelajaran di kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rumus t-tes diperoleh harga to 0,01 = 2,64 dan harga to 0,05 = 1,99. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 38 RIY
2022SI0038.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
38 RIY
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
xviii, 260 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
38 RIY p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Teks Cerita Rakyat
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?