Skripsi Indonesia
Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor
Tia Riyadi 032118018. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah Bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita rakyat dan mengetahui kendalan siswa kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor dalam menulis teks cerita rakyat menggunakan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rumpin Kabupaten Bogor, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis teks cerita rakyat dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates adalah 27,18 atau 100% dan pascatesnya mengalami peningkatan menjadi 77,64 atau 39%. Berbeda dengan nilai di kelas kontrol, nilai pratesnya adalah 27,08 atau 89% dan nilai pascatesnya 69,7 atau 56%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pembelajaran di kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rumus t-tes diperoleh harga to 0,01 = 2,64 dan harga to 0,05 = 1,99. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel
2022SI0038.C1 | 38 RIY | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain