Skripsi Indonesia
Penggunaan media Poster Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamansari Kabupaten Bogor
Natasya Cahya Milenia. 032118006. Penggunaan Media Poster dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP
Negeri 1 Tamansari Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah
bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Penggunaan media poster dapat digunakan sebagai alternatif pemilihan media
pembelajaran menulis teks deskripsi yang cukup mudah dilaksanakan. Penggunaan
media pembelajaran merupakan unsur yang sangat mendukung peningkatan prestasi
belajar siswa di sekolah, kehadiran media memberi arti yang penting dalam
mengefektifkan proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pendidikan.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode
yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode
penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang
membandingkan dua faktor yang sengaja diangkat oleh penulis dengan perlakuan
yang sama untuk mengetahui keberhasilan dari penelitian tersebut tanpa mengurangi
faktor-faktor lain yang mengganggu. Penggunaan media poster dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tamansari
Kabupaten Bogor teruji kebenarannya dengan melihat hasil tes awal (prates) menulis
teks deskripsi siswa yang diperoleh pada kelas eksperimen bahwa siswa cukup
mampu dalam menulis teks deskripsi tanpa menggunakan media poster dengan nilai
pada prates rata-rata 61, sedangkan pada hasil tes akhir (pascates) menulis teks
deskripsi pada kelas eksperimen bahwa siswa mengalami peningkatan yang baik
dalam menulis teks deskripsi siswa menggunakan media poster dengan nilai rata-rata
81 bahwa siswa mampu.
Kata kunci: media poster, keterampilan menulis dan teks deskripsi
2022SI0031.C1 | 31 MIL | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain