Skripsi Biologi
Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan
Ajeng Andini Pujasmara. 036118029. Implementasi Pembelajaran STEM
Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah bimbingan Desti Herawati, M.Pd. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.
Salah satu tantangan yang dihadapi oleh siswa pada abad 21 saat ini yaitu
kemampuan berpikir kreatif yang harus di latihkan di sekolah. Pembelajaran STEM
berbasis lesson study dapat membantu siswa untuk mengikuti perkembangan
zaman, karena saat ini pembelajaran bukan hanya seputar teori, konsep dan suatu
mata pelajaran dengan fokus bahasan saja tetapi peserta didik juga dilatih untuk
mengintegrasikan empat bidang sekaligus untuk menjadi sebuah kesatuan dan
pembelajaran yang bermakna bagi peserta. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur
kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Science, Technology,
Engineering, and Mathematics (STEM) berbasis lesson study. Penelitian
dilaksanakan di SMA Negeri 4 Cibinong. Penelitian dilakukan di kelas X semester
genap tahun ajaran 2021/2022 dengan kelas yang diujikan yaitu kelas X MIPA 4
sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest
control group design. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan pembelajaran antara kelas kontrol dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional atau yang sering diterapkan di kelas yaitu Problem
Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dan kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan
pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbasis
lesson study terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibuktikan pada
pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan diperoleh nilai thitung 2,83 dan ttabel
sebesar 1,99 sehingga kriteria pengujian menunjukkan thitung > ttabel dengan
demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini
mengindikasikan bahwa pendekatan Science, Technology, Engineering, and
Mathematics (STEM) berbasis lesson study dengan model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) dapat diterapkan di sekolah untuk melatih dan
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan Science, Technology,
Engineering, and Mathematics (STEM), Lesson Study
Tidak tersedia versi lain