Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B SDN Lanbau 02 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023.
iv
ABSTRAK
Oktaviani Dwi Lestari. 037117050. Pengaruh Penerapan Model Problem
Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika.
Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di
Sekolah Dasar Negeri Lanbau 02 Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini
mencakup peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri
Lanbau 02 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 61 peserta didik. Penelitian
ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika materi
Statistika melalui penerapan model Problem Based Learning pada peserta
didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lanbau 02 Kabupaten Bogor. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model
Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika materi
statistika. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas
eksperimen sebesar 74, sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 60.
Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar
96,77% sedangkan kelompok kontrol mendapatkan nilai ketuntasan hasil
belajar sebesar 83,33%. Serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan
thitung (3,215) > ttabel (2,001) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based
Learning memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar matematika.
Sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika
materi statistika pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lanbau
02 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning.
Tidak tersedia versi lain