Skripsi Biologi
Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Dalam Permasalahan Sustainable Development Goals Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Hanny Dwi Yonanda. 036118024. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Problem Based Learning Dalam Permasalahan Sustainable Development Goals
Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Universitas Pakuan. Bogor.
Di bawah Bimbingan Dr. Rita Istiana, M.Pd. dan Dimas Prasaja, M.Si.
Perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi abad 21 dalam bidang pendidikan
menuntut peserta didik untuk mampu menguasai keterampilan 4C salah satunya
berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam memecahkan masalah, mengambil kesimpulan dan
menemukan solusi yang tepat dari berbagai aspek dan sudut pandang akan
dihadapinya. LKPD berbasis PBL dan model pembelajaran PBL menjadi pilihan
yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta dapat dikaitkan
dalam permasalahan SDGs yang nanti akan membuat peserta didik memecahkan
berbagai permasalah untuk mampu mencapai tujuan dan target SDGs. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis peningkatan aspek keterampilan berpikir kritis
peserta didik setelah diterapkan LKPD berbasis PBL dalam permasalahan SDGs.
Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor, adapun metode
yang digunakan yaitu quasi-experiment. Populasi yang dijadikan objek penelitian
adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X.10 sebagai kelas
kontrol dan X.8 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis
menunjukan bahwa LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kritis peserta didik dalam permasalahan SDGs, dilihat dari skor N-Gain
pada kelas eksperimen sebesar 0,48 dan kelas kontrol 0,32 dengan kategori sedang.
Keaktifan peserta didik di dalam kelas yang dinilai melalui aspek sikap dan aspek
keterampilan, menunjukan kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 76% dan kelas
kontrol 69% mampu mempengaruhi peningkatan keterampilan berpikir kritis
peserta didik. Melalui uji hipotesis yang menunjukan hipotesis alternatif penelitian
diterima, sehingga adanya pengaruh LKPD berbasis PBL dalam permasalahan
SDGs untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
2022SB0024.C1 | 24 YON | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain