Skripsi Indonesia
Nilai Pendidikan Pada Novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan yang
terkandung dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye, dengan
menfokuskan pengkajian pada nilai kerja keras, nilai disiplin, nilai mandiri,
nilai kerja sama, dan nilai kasih sayang, serta untuk mengetahui implikasi nilai
pendidikan tersebut dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
deskriptif. Hasil temuan data yang ditemukan berupa kutipan-kutipan yang
mengandung unsur nilai pendidikan, mengacu pada teori-teori nilai pendidikan
yang telah diungkapkan oleh para ahli. Selanjutnya dikelompokkan pada jenis-
jenis temuan data masing-masing, dan setelah itu temuan data dinarasikan.
Temuan data selanjutnya akan diuji keabsahannya oleh tiga orang ahli yang
berkompeten dalam bidangnya atau biasa disebut triangulator. Berdasarkan
pengkajian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa novel Negeri di
Ujung Tanduk karya Tere Liye hasil temuan data berjumlah 78 nilai
pendidikan, yang terbagi dari nilai kerja keras berjumlah 14 kutipan data, nilai
disiplin berjumlah 20 data, nilai mandiri berjumlah 4 data, nilai kerja sama
berjumlah 20 data, dan nilai kasih sayang berjumlah 20 data. Dari hasil
penelitian ini nilai disiplin, nilai kerja sama, nilai kasih sayang sangat terlihat
dalam novel ini. oleh karena itu novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye
memiliki implikasi yang baik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Peneliti menganggap, kriteria yang ada dalam penelitian ini sudah sesuai
dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013. Dengan
demikian dapat disimpulkan, bahwa hasil penelitian ini layak untuk dijadikan
bahan ajar yang berkompeten. Khususnya untuk materi pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas XI SMA.
2023SI0001.C1 | 01 AIS | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain