Skripsi PGSD
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasisi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tentang Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku : Pendekatan Penelitian Research and Development Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pabuaran Kecamatan Bogor Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dilaksanakan pada bulan November hingga oktober 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pabuaran tentang materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Sasaran penelitian yaitu kelas IV SDN Pabuaran untuk kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang siswa dan menggunakan one group pretest-posttest. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, soal tes kemampuan berpikir kritis siswa, dan lembar angket tanggapan guru dan siswa terhadap LKPD berbasis PBL. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan siswa ditunjukkan dengan rata-rata N-Gain 0,56 (sedang), 2) hasil validasi ahli kualitas LKPD berbasis PBL dapat dikategorikan sangat layak dan memenuhi kriteria, 3) tanggapan guru dan siswa terhadap LKPD berbasis PBL memberikan respon positif. 4) Saran dan rekomendasi dari penelitian ini yaitu diharapkan peneliti selanjutnya mengembangkan E-LKPD berbasis PBL dan diuji cobakan secara luas.
Kata Kunci : LKPD, problem based learning, Kemampuan berpikir kritis siswa
2022SPGSD0128.C1 | 128 FAD | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain