Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MA Al-Hikmah Tajur.
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MA Al-Hikmah Tajur.

Fajriah, Eva/032118111 - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning
dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MA-Al
Hikmah Tajur serta mengetahui kendala yang dialami siswa pada keterampilan
menulis teks eksposisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik
tes untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi siswa, angket dan
observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X berjumlah 128. Sampel
pada penelitian ini sebanyak 64 siswa, yaitu X-IPA I sebagai kelas eksperimen dan
kelas X-IPA II sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Cluster Random Sampling. Berdasarkan analisis data, hipotesis pertama teruji
kebenarannya terlihat dari hasil prates di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 51,76
sedangkan hasil pascates nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,19.
Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan terhadap
nilai siswa melalui penerapan model Project Based Learning. Berdasarkan hasil
perhitungan mean dari kedua kelas menggunakan rumus t-test, diperoleh harga
thitung =3,14, harga t095 =1,67 dan harga t099 = 2,39. Perbandingan thitung dengan ttabel
yaitu 1,672,93. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada
keterampilan menulis teks eksposisi pada kelas eksperimen meskipun pada saat
menulis teks eksposisi siswa masih mengalami kendala. Hipotesis kedua juga
terbukti kebenarannya, siswa mengalami kendala pada saat menyusun argumentasi
teks eksposisi melalui model Project Based Learning sebanyak (41%), kendala
pada tahapan mengembangkan kerangka teks eksposisi (31%) dan penggunaan kata
teknis (28%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
eksposisi pada siwa kelas X MA Al-Hikmah Tajur


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 50 FAJ
2022SI0050.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
50 FAJ
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
xv, 150 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
50 FAJ p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teks Eksposisi
Keterampilan Menulis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?