Skripsi Indonesia
Analisis Makna Refrensial dan Dampak Slogan-slogan di Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Membaca Peserta Didik SMP Negeri 6 Bogor Kecamatan Bogor Barat.
Deanira Sandi Irawan: Analisis Makna Referensial dan Dampak Slogan-Slogan
Terhadap Perilaku Membaca Peserta Didik SMP Negeri 6 Bogor Kecamatan Bogor
Barat Kota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, 2021.
Mempelajari makna kata pada hakikatnya berarti mempelajari bagaimana para pemakai
bahasa dalam suatu masyarakat bahasa menafsirkan lambang-lambang bahasa untuk dapat
saling mengerti. Salah satu media untuk menyampaikan maksud adalah dengan
menggunakan tulisan seperti slogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna
referensial dan dampak slogan-slogan di lingkungan sekolah terhadap perilaku membaca
peserta didik SMP Negeri 6 Bogor, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods, artinya
penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif digunakan untuk
menginterpretasi data yang ditemukan dan kuantitatif digunakan untuk meneliti pada
populasi atau sampel. Teknik pengumpulan data penelitian, berupa studi
pendokumentasian, pengamatan, pencatatan terhadap data slogan, dan pengumpulan
respons siswa menggunakan Instrument Metacognitive Awaraness Of Reading Strategies
Inventory (MARSI) dalam bentuk aplikasi GoogleForm. Pengecekan keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Peneliti memfokuskan pada 40
data slogan yang diteliti untuk mendeskripsikan jenis-jenis makna referensial yang
terkandung dalam slogan, dan 221 respons siswa untuk mendeskripsikan dampak slogan
terhadap perilaku membaca siswa. Hasil penelitian analisis makna referensial dan dampak
slogan-slogan di lingkungan sekolah terhadap perilaku membaca peserta didik SMPN 6
Bogor, ditemukan sebanyak 40 data slogan yang di dalamnya mengandung makna
deklaratif sebanyak 9 data, makna representatif sebanyak 9 data, makna ekspresif
sebanyak 1 data, makna direktif sebanyak 14 data, dan makna komisif sebanyak 8 data.
Berdasarkan persentase data menunjukkan bahwa dampak slogan terhadap perilaku
membaca siswa adalah 45% termasuk kategori rendah, 15% termasuk kategori sedang,
dan 40% termasuk kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dampak slogan
terhadap perilaku membaca siswa yang berjumlah 221 siswa memiliki kategori
kemampuan membaca rendah sebanyak 45%, kemampuan membaca sedang sebanyak
15%, dan kemampuan membaca tinggi sebanyak 15%. Berdasarkan data analisis tersebut
dapat disimpulkan bahwa dampak slogan terhadap perilaku membaca siswa belum
sepenuhnya dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan
2021SI0051.C1 | 51 IRA | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain