Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman: (Penelitian Eksperimen Quasi Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Situ Gede 2 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 20221/2022
Asofa Tanhara. 037117174. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Situ Gede 2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Situ Gede 2 Kota Bogor yang terdiri dari 64 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 63, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 45. Hasil pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,8708) > ttabel (2,0261). Dengan ini dapat disempulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dengan signifikan antara Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain