Skripsi PGSD
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Hidayah Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
Elgi Oktadian Muda, 037117138. Penerapan Model Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Subtema Perjuangan Para Pahlawan. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan,2022. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penerapan
hasil belajar Subtema Perjuangan Para Pahlawan melalui penerapan Model
Pembelajaran Discovery Learning pada siswa Kelas IV. Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Kelas IVA dan Kelas IVB
pada bulan Desember sampai bulan Januari semester ganjil tahun
pelajaran 2021/2022. pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung
Ltabel yaitu 0,089 0,173, pada kelompok kelas konvensional didapat nilai
Lhitung Ltabel yaitu 0,073 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data
tersebut bersifat homogen karena Fhitung F tabel, didapatkan nilai 1,43
2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,51 lebih
besar dari ttabel sebesar 2,02108, Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh
terhadap hasil belajar subtema terdapat pengaruh hasil belajar subtema
perjuangan para pahlawan.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.
2022SPGSD0024 | 24 MUD | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain