Skripsi PGSD
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM : Penelitian Kualitatif Deskriptif Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Margajaya 3 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pembelajaran 2022/2023
Siti Indria Puspita Sari, 037118041. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SDN Margajaya 3 Kecamatan Bogor Barat Semester Gasal Tahun Pelajaran
2022/2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2022. Jenis penelitian ini dengan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa kelas V SDN Margajaya 3 Kota Bogor. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan terhadap temuan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah terintegrasi dengan pendidikan karakter yang telah diterapkan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan tujuan untuk membentuk dan melatih kemampuan siswa secara terus menerus guna penyempurnaan diri ke arah yang lebih baik. Yang artinya bahwa dalam menentukan karakter yang sesuai dengan mata pelajaran, memahami materi mata pelajaran dan mengintegrasikan karakter tersebut ke dalam materi pembelajaran
IPA. Dengan cara mengsukseskan pendidikan karakter disekolah berkaitan dengan fasilitas dan sumber belajar yang memadai, agar kurikulum yang sudah dirancang dapat dilaksanakan secra optimal.
Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pendidikan karakter diterapkan untuk menumbuhkan karakter yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, rasa ingin tahu, dan menghargai pendapat.
Kata Kunci : Integrasi Pendidikan Karakter, Dalam Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam
2022SPGSD0125.C1 | 125 SAR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain