Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL ANSHOR CIBINONG BOGOR
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL ANSHOR CIBINONG BOGOR

Lutfhianti, Salwa/032118024 - Nama Orang;

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran discovery learning dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Adapun tujuan peneliti untuk
mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran
menulis teks prosedur dan kendala dalam menulis Teks prosedur. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data melalui tes,
observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam AL
Anshor Cibinong Bogor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster
sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai Kelas
Kontrol. Hipotesis pertama, penggunaan model pembelajaran discovery learning
terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan nilai
rata-rata pretest kelas eksperimen 46 dan posttest 82 diperkuat dengan hasil
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,74
menggunakan rumus uji-t diperoleh data bahwa lebih besar dari pada
atau signifikan karena nilai < yaitu 1,99 < 4,74 >
2,65 adapun hipotesis kedua terbukti masih adanya kendala dalam menulis teks
prosedur yang dominan dialami peserta didik saat menentukan kata penghubung,
pelesapan, kata acuan dalam teks prosedur (86%), menentukan bentuk pasif pada
teks prosedur (77%). Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning
efektif peningkatan kemampuan menulis teks prosedur.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 21 LUT
2022SI0021.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
21 LUT
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
21 LUT p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Teks Prosedur
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?