Skripsi Indonesia
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL ANSHOR CIBINONG BOGOR
Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran discovery learning dalam
meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Adapun tujuan peneliti untuk
mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran
menulis teks prosedur dan kendala dalam menulis Teks prosedur. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data melalui tes,
observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam AL
Anshor Cibinong Bogor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster
sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai Kelas
Kontrol. Hipotesis pertama, penggunaan model pembelajaran discovery learning
terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan nilai
rata-rata pretest kelas eksperimen 46 dan posttest 82 diperkuat dengan hasil
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,74
menggunakan rumus uji-t diperoleh data bahwa lebih besar dari pada
atau signifikan karena nilai < yaitu 1,99 < 4,74 >
2,65 adapun hipotesis kedua terbukti masih adanya kendala dalam menulis teks
prosedur yang dominan dialami peserta didik saat menentukan kata penghubung,
pelesapan, kata acuan dalam teks prosedur (86%), menentukan bentuk pasif pada
teks prosedur (77%). Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning
efektif peningkatan kemampuan menulis teks prosedur.
2022SI0021.C1 | 21 LUT | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain