Skripsi PGSD
Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan : Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas V SDN Batutulis 1 Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023.
Widiya Wahyu 037118028. Pengaruh Keterampilan Membaca
Pemahaman terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman
terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan pada kelas V
Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kota Bogor. Populasi dari penelitian ini
adalah 84 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 46 peserta didik.
Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan membaca
pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan lingkungan
ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi
sebesar 0,49. Ini menunjukkan adanya pengaruh antara keterampilan
membaca pemahaman terhadap hasil belajar subtema manusia dan
lingkungan, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,2401 atau
sebesar 24,01%. Sisanya sebanyak 75,99% ditentukan oleh faktor lain.
Rata-rata hasil belajar subtema manusia dan lingkungan sebesar 24,01%
ditentukan oleh keterampilan membaca pemahaman melalui persamaan
regresi Ŷ = 11,15 + 0,52X, artinya setiap kenaikan unit nilai keterampilan
membaca pemahaman akan menyebabkan peningkatan pada hasil
belajar subtema manusia dan lingkungan sebesar 0,52 unit. Berdasarkan
hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif
antara keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar
subtema manusia dan lingkungan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri
Batutulis 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.
2022SPGSD0066.C1 | 66 WAH | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain