Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa : Survei ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV SDN Empang 2 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa : Survei ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV SDN Empang 2 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.

Hikmania, Yulia/037115014 - Nama Orang;

Yulia Hikmania. 037115014. Pengaruh Literasi Digital Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan
kausalitas, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital
terhadap hasil kemandirian belajar peserta didik. Uji instrument penelitian
ini adalah Uji validitas menggunakan rumus korelasi Person Product
Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A, IV-B dan IV-C Sekolah
Dasar Negeri Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kabupaten Bogor yang
dilakukan semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 40
peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane.
Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan Uji persyaratan analisis data
menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata
pada variabel literasi digital sebesar 106,8 dan nilai rata-rata pada variabel
kemandirian belajar yaitu sebesar 92,82. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar, yang
ditunjukkan dengan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,72. Ini
menunjukkan adanya pengaruh literasi digital terhadap kemandirian
belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,52 atau sebesar
52%. Hal ini berarti nilai pengaruh literasi digital terhadap kemandirian
belajar sebesar 52%, melalui persamaan regresi ̂ Y = (14,7 + 0,73X).
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdap


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 109 HIK
2022SPGSD0109.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
109 HIK
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
109 HIK p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Penelitian Kausal
Literasi Digital
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Elly Sukmanasa, M.Pd. dan Dr. Tustiyana Windiyani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?