Skripsi PGSD
Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa : Survei ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas IV SDN Empang 2 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Yulia Hikmania. 037115014. Pengaruh Literasi Digital Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan
kausalitas, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital
terhadap hasil kemandirian belajar peserta didik. Uji instrument penelitian
ini adalah Uji validitas menggunakan rumus korelasi Person Product
Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A, IV-B dan IV-C Sekolah
Dasar Negeri Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kabupaten Bogor yang
dilakukan semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 40
peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane.
Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan Uji persyaratan analisis data
menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata
pada variabel literasi digital sebesar 106,8 dan nilai rata-rata pada variabel
kemandirian belajar yaitu sebesar 92,82. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar, yang
ditunjukkan dengan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,72. Ini
menunjukkan adanya pengaruh literasi digital terhadap kemandirian
belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,52 atau sebesar
52%. Hal ini berarti nilai pengaruh literasi digital terhadap kemandirian
belajar sebesar 52%, melalui persamaan regresi ̂ Y = (14,7 + 0,73X).
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdap
2022SPGSD0109.C1 | 109 HIK | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain