Skripsi PGSD
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasional di SDN Cilendek 1 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022.
Erlin Elisa. 037116080. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan
Disiplin Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin
belajar siswa dalam pembelajaran daring. Bertempat di Sekolah Dasar
Negeri Cilendek 1 Kota Bogor dilaksanakan pada semester ganjil Tahun
Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV A, V C dan VI C SD Negeri Cilendek 1 berjumlah 270 siswa.
Sampel yang diambil 73 siswa, lalu penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel Pola Asuh Orang
Tua dan Disiplin Belajar. Instrumen yang sudah valid dan reliabel
digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan
terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar
siswa dalam pembelajaran daring. Teknik analisis regresi dan korelasi
sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan
dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ=92,46 + 0,20X₁ dengan harga
Fhitung sebesar 16,96 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05
sebesar 3,98 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,20. maka dari itu dari
data yang diperoleh ditemukan hubungan yang rendah antara
hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa dalam
pembelajaran daring dilihat dari hasil perhitungan yang sudah di
akumulasikan yaitu sebesar 4,32% seperti memanfaatkan waktu untuk
membaca buku di perpustakaan, sedangkan 95,68% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang
berasal dari dalam diri seperti konsep diri dan motivasi belajar yang
tinggi sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar
seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan teman
sebaya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan
terdapat hubungan positif antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Disiplin
Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri Cilendek 1
Kota Bogor Semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
2022SPGSD0092.C1 | 92 ELI | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain