Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023.
iv
ABSTRAK
Sri Utari. 037118134. Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan
Bogor. 2022. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan
metode Quasi Eksperimen pada pengaruh Model Problem Based
Learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar Subtema Bersyukur
Atas Keberagaman variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap hasil belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A dan kelas IV-B Sekolah Dasar
Negeri Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah
54 peserta didik dengan kela IV-A 27 Peserta didik dan IV-B 27 peserta
didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem
Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan
nilai N-Gain kelompok kelas eksperimen (Problem Based Learning) yaitu
66 lebih tinggi daripada nilai rata-rata skor N-Gain kelompok kelas kontrol
(Konevensional) yaitu 57 . Setelah dilakukan uji t nilai rata-rata N-Gain
kedua kelompok tersebut yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok
kelas kontrol didapatkan thitung (2,34741) > ttabel (2,00665), dan dilakukan
pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belaja
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain