Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023.

Utari, Sri/037118134 - Nama Orang;

iv
ABSTRAK
Sri Utari. 037118134. Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan
Bogor. 2022. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan
metode Quasi Eksperimen pada pengaruh Model Problem Based
Learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar Subtema Bersyukur
Atas Keberagaman variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap hasil belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah kelas IV-A dan kelas IV-B Sekolah Dasar
Negeri Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah
54 peserta didik dengan kela IV-A 27 Peserta didik dan IV-B 27 peserta
didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem
Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Kedung Halang 5 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan
nilai N-Gain kelompok kelas eksperimen (Problem Based Learning) yaitu
66 lebih tinggi daripada nilai rata-rata skor N-Gain kelompok kelas kontrol
(Konevensional) yaitu 57 . Setelah dilakukan uji t nilai rata-rata N-Gain
kedua kelompok tersebut yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok
kelas kontrol didapatkan thitung (2,34741) > ttabel (2,00665), dan dilakukan
pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belaja


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
88 UTA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
88 UTA p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Eksperimen Quasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Nur Hikmah, M.Pd.Kons.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?