Skripsi PGSD
Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung Permulaan : Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas V SDN Genteng Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Derista Lidya Carolina. 037116060. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik
Kesulitan Berhitung Permulaan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan
Penelitian Kualitatif Studi Kasus. Tujuan dalam penelitian ini untuk
menganalisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung
Permulaan. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas
tinggi yakni VB Sekolah Dasar Negeri Genteng Kota Bogor. Pengumpulan
data pada penelitian dilaksanakan dengan cara melakukan obsesrvasi,
wawancara, dan juga pengumpulan data dan dokumentasi guna
menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik
kesulitan berhitung memiliki motivasi yang tertanam pada dirinya dan
masih mau berusahan untuk menyelesaikan soal yang berhubungan
dengan perhitungan. Ada faktor internal dan eksternal yang
mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kesulitan berhitung tersebut.
Setiap anak memiliki intelegensi yang berbeda, tipe peserta didik tersebut
merupakan tipe yang harus terus belajar dan harus terus diasah
kemampuannya dalam berhitung sambil diberikan dorongan juga motivasi.
Motivasi yang tertanam pada diri peserta didik sudah cukup timbul, hanya
saja perlu dilatih terus menerus dan harus selalu diberikan dorongan
motivasi semaksimal mungkin karena peserta didik masih sangat lamban
dalam memahami konsep perhitungan permulaan yang sederhana
walaupun sudah berada di jenjang kelas tinggi.
2020SPGSD0028.C1 | 28 CAR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain