Skripsi PGSD
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan : Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Kelas IV di SDN Lebakwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.
Aafiyah Hana Safitri. 037117076. pengaruh model Pembelajaran
Discovery Learning Terhadap hasil Belajar Subtema sikap Kepahlawanan
Prenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery
Learning Terhadap hasil Belajar Subtema sikap Kepahlawanan pada
kelas IV SDN Lebakwangi Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan Metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan
Eksperimen Quasi desain dua grup dengan Simple random Sampling.
Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji
normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Discovery
Learning Terhadap hasil Belajar Subtema sikap Kepahlawanan. Hal ini
terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 83,
sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 76.
Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar
100% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 71%. serta hasil
pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung
(3,50195) > ttabel (2,00030). dengan ini dapat disimpulkan bahwa
penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh model
Discovery Learning Terhadap hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlwanan”.
hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru
mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat
meningkatkan hasil belajar
2022SPGSD0076.C1 | 76 SAF | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain