Skripsi PGSD
Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasional pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pasir Putih 01 Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.
Maulia Isnaeni. 037117042. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil
Belajar Matematika. Pendekatan yang diambil merupakan pendekatan
Korelasional. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas IV A dan kelas
IV B Sekolah Dasar Negeri Pasir Putih 01 Kota Depok yang terdiri terdiri
dari 72 peserta didik dengan jumlah jumlah sampel sebanyak 42 peserta
didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran
2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan disiplin
belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan analisis
statistik yang menghasilkan koefesien korelasi (ɼxy) sebesar 0,53.
Sedangkan koefesien determinasi (KD) sebesar 0,2809 atau sebesar
28,09%. Hal ini berarti bahwa penaikan atau penurunan hasil belajar
matematika memiliki pengaruh dengan tingkat disiplin belajar sebesar
71,91% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar matematika
peserta didik 28,09% ditentukan oleh disiplin belajar melalui persamaan
regresi Ŷ= 7,80 + 0,59 x, yang artinya bahwa setiap peningkatan satu unit
disiplin belajar akan meningkatkan hasil belajar sebesar 0,59 unit.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang
positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika pada peserta
didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasir Putih 01 Kecamatan Sawangan
Kota Depok Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.
2022SPGSD0132.C1 | 132 ISN | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain