Skripsi PGSD
Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam : Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen Kausal Pada Siswa Kelas V di SDN Pondok Rumput Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
(Siti Aisyah Al Mukarromah).037115277 Pengaruh Efikasi Diri Terhadap
Hasil Belajar Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alami(IPA). Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal. Dimana
Efikasi Diri sebagai variabel bebas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
variabel terikat.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh dari efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA.
Subjek penelitian ini adalah kelas V-A sampai dengan V-D sekolah dasar
negeri pondok rumput kota bogor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.
Berjumlah 117 dengan sampel sebanyak 54 responden. Data penelitian ini
diperoleh menggunakan skala likert untuk variabel Efikasi Diri dan tes
soal untuk Hasil Belajar IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya
pengaruh positif Efikasi Belajar terhadap hasil belajar IPA. Hal ini
ditunjukkan dari analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy)
= 0,609 dan koefisien jalur variabel Efikasi Diri (X) dengan variabel Hasil
Belajar IPA (Y) bernilai 0,531. Sedangkan untuk nilai koefisien determinasi
(KD) dari Efikasi Diri (X) terhadap H Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara Efikasi Di Belajar Ilmu Pengetahuan Alam(Y) adalah 28,20% (r2 =
0,282). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Efikasi Diri terhadap
Hasil Belajar IPA.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Hasil Belajar IPA
2023SPGSD0005.C1 | 05 AIS | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain