Text
Pengembangan bahan ajar BOOK CREATOR DIGITAL Pada materi teks debat siswa kelas X SMAN 4 KOTA BOGOR
ina Oktaviana. 032119060. Pengembangan Bahan Ajar Book Creator Digital
Pada Materi Teks Debat Siswa Kelas X SMAN 4 Kota Bogor. Skripsi.
Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Eri Sarimanah,
M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Research & Development merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk
mengembangkan suatu produk. Adapun produk yang dihasilkan pada penelitian ini
yaitu bahan ajar book creator digital pada materi teks debat. Teks debat dipilih
berdasarkan analisis kebutuhan yang didapatkan melalui angket. Penelitian ini
dilakukan untuk menguji kelayakan dan keefektifan dari bahan ajar book creator
digital yang diperoleh dari hasil validasi ahli dan hasil respons guru dan siswa.
Sasaran klien pada penelitian ini yaitu siswa kelas X-9 yang berjumlah 35 siswa.
Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D. Tahapan dari
model ini antara lain: define (pendefinisian), design (perancangan), develop
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Berdasarkan uji validasi ahli
materi dan bahasa diperoleh hasil 96,5% dan hasil ahli desain produk 86%. Oleh
karena itu, bahan ajar book creator digital pada materi teks debat dapat dinyatakan
sangat layak. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari respons guru yaitu 95,7% dan
hasil respons siswa 88,2% dengan rata-rata 88,2%. Hasil respons guru dan siswa
tersebut dapat dinyatakan sangat baik berdasarkan tabel kriteria efektivitas. Hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar book creator digital
sangat layak dan efektif.
Kata kunci: penelitian pengembangan, model 4D, bahan ajar, book creator,
teks debat.
2023SI0030C1 | 30 VIN | Rak Indonesia (Rak skripsi indonesia) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain