Skripsi PGSD
Pengaruh penerapan model project based learning terhadap hasil belajar pada subtema manusia dan benda di lingkungannya, penelitian kuantitatif melalui pendekatan eksperimen quasi pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negri Tlanjung Udik 02 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 20002/2023
iii
ABSTRAK
Ita Annisa Rasyida Ismail, 037119100. Pengaruh Penerapan Model Project
Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Manusia
dan Benda di Lingkungannya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan,
2023. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya melalui model
Project Based Learning, dengan memberikan pertanyaan mendasar dan
merancang proyek yang akan dibuat. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah
Dasar Negri Tlajung Udik 02 V B, dan V C pada bulan Juni sampai Juli
semester genap. Perhitungan N-Gain model Project Based Learning sebesar
80 dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 46, sehingga N-Gain pada
kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas konvensional. Selain hal
tersebut juga dilakukan uji normalitas dengan uji lilliefors kedua sampel
berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada
kelas Project Based Learning di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,048 ≤ 0,161,
dan pada kelas kontrol di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,095 ≤ 0,161.
Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih
kecil dari X2tabel, didapatkan nilai 2,543 ≤ 1,85. Pada uji hipotesis didapatkan
thitung sebesar 8,979 lebih besar dari ttabel sebesar 2,302, menunjukkan bahwa
H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model Project Based
Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar subtema manusia dan
benda di lingkungannya, dengan kata lain bawa model Project Based
Learning lebih efektif daripada model konvensional.
Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar.
2023SPGSD0110.C1 | 110 ISM p 2023 | Rak Skripsi PGSD (Rak skripsi PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain