Skripsi Indonesia
Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI SMK Pembangunan Kota Bogor
Rina Arianti Savitri: Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning
dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI SMK
Pembangunan Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan,
2021.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang disusun
oleh guru setiap satu KD dan digunakan salam satu pertemuan atau lebih. Dalam RPP
terdapat salah satu komponen penting, yaitu model pembelajaran. Penelitian ini
mengkaji mengenai sintak model pembelajaran problem based learning yang
diterapkan pada RPP teks eksplanasi kelas XI SMK Pembangunan Kota Bogor.
Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas XI SMK Pembangunan Kota
Bogor dan subfokus penelitian ini adalah kesesuaian penerapan langkah-langkah
model pembelajaran problem based learning dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran teks eksplanasi kelas XI SMK Pembangunan Kota Bogor, yaitu
orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing
pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran
problem based learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi
kelas XI SMK Pembangunan Kota Bogor. Metode yang digunakan, yaitu metode
desktiptif analisis, artinya hasil penelitian diolah dan dianalisis untuk diambil
kesimpulannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik dokumentasi dengan pengkajian terhadap rencana pelaksanaan
pembelajaran teks eksplanasi kelas XI SMK Pembangunan Kota Bogor. Dari hasil
analisis tersebut ditemukan 20 data yang terdiri atas 4 pertemuan. Berdasarkan hasil
penelitian, setiap keseluruhan RPP tersebut telah menerapkan kelima sintak model
pembelajaran problem based learning yang dinyatakan dalam beberapa kegiatan
pembelajaran yang terdapat pada RPP dimulai dari kegiatan orientasi siswa pada
masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman
individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hal tersebut menjelaskan
bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas XI SMK
Pembangunan Kota Bogor sudah sesuai dengan menerapkan sintak/langkah model
pembelajaran problem based learning.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, Teks Eksplanasi.
2021SI0059.C1 | 59 SAV | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain