Skripsi PGSD
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
iv
ABSTRAK
Mochammad Iqbal Iskandar. 037115220. Pengaruh Game Online Terhadap
Prestasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi korelasional pada Game
Online sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Game Online dengan prestasi
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri
Cibeureum 02 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 84
dengan sampel sebanyak 46 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel Game Online dan menggunakan
nilai rapor untuk variabel prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat perngaruh positif dan signifikan antara Game Online dengan prestasi belajar.
Hal ini Berdasarkan hasil dari perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,605 yang
berarti pengaruh Game Online terhadap Prestasi belajar dapat dikategorikan kuat
dengan harga thitung sebesar 5,039 lebih besar dari ttabel dengan taraf 0,05 sebesar
2,015. Hal ini terbukti dengan adanya pengaruh yang fungsional antara Game Online
terhadap Prestasi belajar siswa melalui persamaan regresi Ŷ = 64,92 + 0,17x. Artinya
apabila Game Online naik satu unit, maka Prestasi belajar siswa akan mengalami
peningkatan sebesar 0,17 unit. Dengan hasil koefisien determinasi r² = 0,336 yang
menunjukkan bahwa Game Online berkontribusi sebesar 36,6% terhadap Prestasi
belajar siswa. Maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif antara Game Online terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Game Online, Prestasi Belajar
2020SPGSD0159.C1 | 159 SK | Rak PGSD (rak skripsi PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain