Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Line Pada Materi  Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 KOTA BOGOR
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Line Pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 KOTA BOGOR

Fathan Ahmad Rizki/032119089 - Nama Orang;

Ahmad Rizki Fathan. 032119089. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis
Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman,
M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Media pembelajaran adalah sebuah sarana dan prasarana yang digunakan oleh guru
untuk menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan dan minat peserta didik
selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan media pembelajaran aplikasi LINE dalam meningkatkan keterampilan
menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes (angket dan observasi). Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas
eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik
Cluster Sampling. Hipotesis pertama yaitu media pembelajaran aplikasi LINE dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota
Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya
data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 56,47 (kurang berhasil),
sedangkan pada hasil posttest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 86,72
(sangat berhasil). Sementara pada data pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata
56,16 (kurang berhasil) dan hasil data posttest kelas kontrol meningkat dengan nilai
rata-rata 77,93 (berhasil). Hasil perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan rumus uji-t, diperoleh thitung=5,40 dan db=46, diperoleh ttabel pada taraf
signifikan 5%=1.67 dan ttabel pada taraf signifikan 1%=2.41. Dengan demikian, nilai
thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 1.672.41. Hipotesis kedua yaitu terdapat
kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks ceramah dengan menggunakan
media pembelajaran aplikasi LINE pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.
Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya analisis angket yang menyatakan
sejumlah 8 peserta didik (33%) mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah
kebahasaan aspek “menggunakan kata teknis”; sejumlah 10 peserta didik (42%)
mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah kebahasaan aspek “menggunakan
kata kerja mental”; sejumlah 10 peserta didik (42%) mengalami kesulitan dalam
menulis teks ceramah dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi
LINE dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI
SMAN 4 Kota Bogor meskipun masih mengalami kendala.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Ceramah, Aplikasi LINE


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (Rak skripsi indonesia) 32 FAT
2023SI0032C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
32 FAT
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
xvii, 244 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
32 FAT p 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Teks Ceramah
Aplikasi LINE
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?