Text
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Line Pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 KOTA BOGOR
Ahmad Rizki Fathan. 032119089. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis
Aplikasi LINE pada Materi Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman,
M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Media pembelajaran adalah sebuah sarana dan prasarana yang digunakan oleh guru
untuk menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan dan minat peserta didik
selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan media pembelajaran aplikasi LINE dalam meningkatkan keterampilan
menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes (angket dan observasi). Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas
eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik
Cluster Sampling. Hipotesis pertama yaitu media pembelajaran aplikasi LINE dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota
Bogor dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya
data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 56,47 (kurang berhasil),
sedangkan pada hasil posttest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 86,72
(sangat berhasil). Sementara pada data pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata
56,16 (kurang berhasil) dan hasil data posttest kelas kontrol meningkat dengan nilai
rata-rata 77,93 (berhasil). Hasil perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan rumus uji-t, diperoleh thitung=5,40 dan db=46, diperoleh ttabel pada taraf
signifikan 5%=1.67 dan ttabel pada taraf signifikan 1%=2.41. Dengan demikian, nilai
thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 1.672.41. Hipotesis kedua yaitu terdapat
kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks ceramah dengan menggunakan
media pembelajaran aplikasi LINE pada siswa kelas XI SMAN 4 Kota Bogor.
Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya analisis angket yang menyatakan
sejumlah 8 peserta didik (33%) mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah
kebahasaan aspek “menggunakan kata teknis”; sejumlah 10 peserta didik (42%)
mengalami kesulitan dalam menganalisis kaidah kebahasaan aspek “menggunakan
kata kerja mental”; sejumlah 10 peserta didik (42%) mengalami kesulitan dalam
menulis teks ceramah dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi
LINE dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI
SMAN 4 Kota Bogor meskipun masih mengalami kendala.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Ceramah, Aplikasi LINE
2023SI0032C1 | 32 FAT | Rak Skripsi Indonesia (Rak skripsi indonesia) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain