Text
pengaruh penerapan model pembelajaran discovery leraning terhadap hasil belajar subtema lingkungan sahabat kita
Adinda Priyanka Dewi. 037117070. Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema
Lingkungan Sahabat Kita. Sekolah Dasar Negeri Bogor Baru. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar
peserta didik dengan subtema Lingkungan Sahabat Kita. Penelitian ini
dilakukan di Sekolah Dasar Bogor Baru kelas 5A dan 5B pada bulan Februari
semester genap tahun ajaran 2020/2021. Perhitungan N-Gain model
Discovery Learning sebesar 77 dengan kriteria tinggi, dan N-Gain model
konvensional sebesar 65 dengan kriteria tinggi. Sehingga N-Gain pada kelas
eksperimen dengan model Discovery Learning lebih besar dibandingkan kelas
model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors.
Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari
Ltabel pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu
0,089 ≤ 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu
0,073 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat
homogen karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,43 ≤ 2,12. Selanjutnya pada
uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,51 lebih besar dari ttabel sebesar
2,02108, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis
alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan
bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema lingkungan sahabat kita
melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning.
2022PGSD0147C1 | 147 DEW | Rak Skripsi PGSD (Rak skripsi PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain