Text
ANALISIS GAYA BELAJAR PADA SISWA TUNANETRA
Rolenta Dwinata Siahaan, 037116074, Analisis Gaya Belajar Pada Siswa
Tunanetra. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui apakah gaya belajar auditori efektif dalam
pembelajaran siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus
dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data
dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data
kemudain verifikasi (penarikan kesimpulan). Subjek penelitian ini adalah satu
orang siswa kelas V yang mengalami gangguan penglihatan atau biasa disebut
dengan tunanetra. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran
2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya belajar yang
digunakan oleh siswa tunanetra menggunakan gaya belajar auditori.
Perkembangan yang dialami oleh subjek yaitu subjek memiliki konsentrasi yang
baik dan mampu mengenal keadaan disekitarnya. (2) Gaya belajar siswa
tunanetra juga menggunakan gaya belajar kinestetik atau dikenal dengan gaya
belajar yang mengharuskan siswa untuk menyentuh sesuatu yang bertujuan
supaya siswa dapat mengingatnya sehingga mampu mengenal dan
membedakan beberapa jenis bentuk. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat
disimpulkan bahwa gaya belajar auditori dan kinestetik sangat efisien bagi
proses belajar siswa tunanetra .
Kata kunci : Tunantera, Gaya Belajar, Auditori, Kinestetik
2021PGSD0160C1 | 160 SIA | Rak Skripsi PGSD (Rak skripsi PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain