Skripsi Indonesia
Analisis Kesesuaian Langkah langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi pada Kelas VII di SMP Bina Putra
Mochamad Lutviantono: Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Model Discovery
Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Kelas VII
SMP Bina Putera, Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2020.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana yang terstruktur secara
prosedur dan pengorganisasian pembelajaran dengan bertujuan mencapai kompetensi dasar
agar pembelajaran berjalan dengan baik. Salah satu komponen penting pada Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah model pembelajaran. Peneliti menganalisis sintak
model pembelajaran Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks
cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Subfokus pada penelitian ini adalah kesesuaian
langkah-langkah Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita
fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu
deskripsi kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka
untuk mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina
Putera. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 70 data yang terdapat dalam tiga
pertemuan RPP dengan kompetensi dasar 3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi
(cerita fantasi) yang dibaca dan didengar dan 4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
fantasi) yang didengar dan dibaca. Hasil penelitian menunjukkan seluruh data dalam RPP
tersebut telah menerapkan keenam sintak model pembelajaran Discovery Learning sesuai
dengan teori dan prosedur model pembelajarannya.
Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
Teks Cerita Fantasi.
2021SPBSI0060.C1 | 60 LUT A 2021 | Rak Skripsi Indonesia (rsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain