Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi
Siti Nurcahya: Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Yasipa Terpadu
Pelabuhanratu Sukabumi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis teks
eksplanasi siswa kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi dan
kendala yang dialami siswa kelas XI SMK Yasipa Terpadu Pelabuhanratu
Sukabumi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi
menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes,
angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK
Yasipa Terpadu. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI OTKP I sebagai kelas
eksperimen dan XI OTKP II sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik
cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media audio visual
dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK
Yasipa Terpadu Pelabuhanratu Sukabumi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut
dibuktikan dengan diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-
rata 55,76 (kurang mampu) dalam menulis teks eksplanasi, sedangkan hasil posttest
kelas eksperimen dalam menulis teks eksplanasi meningkat dengan nilai rata-rata
78,96 (mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 4,41 dan d.b.
48 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% = 2,40 dan harga ttabel taraf
signifikansi 5% = 1,67. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1%
maupun ttabel 5%. Karena nilai ttabel
2022SI0074.C1 | 74 NUR P 2022 | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain