Skripsi Biologi
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning "PJBL" dan Game Based Learning "GBL" terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia
LEGITA FAJRIN OKTAVIAYU. 036119004. Pengaruh Model Pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) Terhadap
Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Rita Retnowati.
M.S. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul pada proses
pembelajaran yakni guru belum mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran
yang inovatif untuk siswa selama kegiatan pembelajaran di kelas dan keterampilan
kolaborasi antar siswa belum dilatih dengan baik, terutama pada kegiatan diskusi
kelompok yang dimana siswa belum berkontribusi secara aktif dan menunjukkan
tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan
keterampilan kolaborasi siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) pada materi sistem
reproduksi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan Juni 2018.
Populasinya adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 02 Kota Bogor Tahun akademik
2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.
Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 6 yang diberikan perlakuan
model pembelajaran PjBL dan XI MIPA 7 yang diberikan perlakuan model
pembelajaran GBL dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 36
siswa. Perolehan nilai rata-rata indikator keterampilan kolaborasi pada model
pembelajaran PjBL diperoleh hasil sebesar 74 dan pada model pembelajaran GBL
diperoleh hasil sebesar 79. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05
diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 sehingga diperoleh nilai sig < α (0,05), dengan
demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi siswa terhadap penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL)
pada materi sistem reproduksi manusia.
Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Project Based Learning (PjBL), Game
Based Learning (GBL)
Tidak tersedia versi lain