Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet pada Materi Psikotropika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet pada Materi Psikotropika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA

Chaerani, Silvia Cahya/036119038 - Nama Orang;

Silvia Cahya Chaerani. 036119038. Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet
Pada Materi Psikotropika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan M. Taufik Awaludin,
M.Pd. dan Desti Herawati, M.Pd.
Teknologi dan informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas guru
dan kualitas proses pembelajaran. Guru diharapkan dapat merancang bahan ajar
digital yang menarik dan interaktif yang berfungsi untuk memotivasi proses
pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar EBooklet pada materi psikotropika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA.
Metode R&D dengan desain 4D (Define, Design, Development, Desseminate)
untuk mengembangkan E-Booklet, yang dilakukan di salah satu sekolah di
kabupaten sukabumi pada siswa kelas XI IPA 4. Hasil validasi ahli media dan
materi tentang bahan ajar E-Booklet menunjukkan hasil sangat layak digunakan
dengan rata-rata dari ahli media yaitu 95% dan ahli materi menunjukkan persentase
82%. Efektivitas bahan ajar E-Booklet menunjukkan peningkatan pada hasil belajar
siswa terhadap kemampuan kognitif siswa dilihat dari analisis menggunakan uji
normalitas, uji wilcoxon dan uji n-gain. Pada uji normalitas didapatkan tidak
berdistribusi normal, sedangkan untuk nilai probalitas dengan uji Wilcoxon
menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan untuk nilai n-gain didapatkan
sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari angket guru didapat
91% dan dari angket respon siswa didapat 90% termasuk kategori sangat baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan data yang didapatkan bahwa bahan ajar EBooklet pada materi psikotropika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar E-Booklet, Hasil Belajar Siswa, Psikotropika


Ketersediaan
#
Rak Biologi (Rak Skripsi Biologi) 25 CHA
2023SB0025.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
25 CHA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
viii, 107 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
25 CHA p 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar Siswa
Bahan Ajar E-Booklet
Psikotropika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
M. Taufik Awaludin, M.Pd. dan Desti Herawati, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?