Skripsi Biologi
Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet pada Materi Psikotropika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA
Silvia Cahya Chaerani. 036119038. Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet
Pada Materi Psikotropika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan M. Taufik Awaludin,
M.Pd. dan Desti Herawati, M.Pd.
Teknologi dan informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas guru
dan kualitas proses pembelajaran. Guru diharapkan dapat merancang bahan ajar
digital yang menarik dan interaktif yang berfungsi untuk memotivasi proses
pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar EBooklet pada materi psikotropika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA.
Metode R&D dengan desain 4D (Define, Design, Development, Desseminate)
untuk mengembangkan E-Booklet, yang dilakukan di salah satu sekolah di
kabupaten sukabumi pada siswa kelas XI IPA 4. Hasil validasi ahli media dan
materi tentang bahan ajar E-Booklet menunjukkan hasil sangat layak digunakan
dengan rata-rata dari ahli media yaitu 95% dan ahli materi menunjukkan persentase
82%. Efektivitas bahan ajar E-Booklet menunjukkan peningkatan pada hasil belajar
siswa terhadap kemampuan kognitif siswa dilihat dari analisis menggunakan uji
normalitas, uji wilcoxon dan uji n-gain. Pada uji normalitas didapatkan tidak
berdistribusi normal, sedangkan untuk nilai probalitas dengan uji Wilcoxon
menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan untuk nilai n-gain didapatkan
sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari angket guru didapat
91% dan dari angket respon siswa didapat 90% termasuk kategori sangat baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan data yang didapatkan bahwa bahan ajar EBooklet pada materi psikotropika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar E-Booklet, Hasil Belajar Siswa, Psikotropika
2023SB0025.C1 | 25 CHA | Rak Biologi (Rak Skripsi Biologi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain