Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL)
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL)

Rahayu, Endah Sri/036114061 - Nama Orang;

ENDAH SRI RAHAYU. 036114061. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Rita Istiana, S. Si, M.Pd.

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Oktober 2018. Populasinya adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Cibungbulang Tahun akademik 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, karena semua kelas X bersifat Homogen. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 36 siswa, dan X MIA 2 yang diberikan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan jumlah 35 siswa. Perolehan nilai rata-rata N-Gain pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diperoleh hasil sebesar 65 dan Discovery Learning (DL) diperoleh hasil sebesar 46. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 2,85 sedangkan ttabel sebesar 1,66 sehingga diperoleh nilai thitung > ttable, dengan demikian hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL).

Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif siswa, Problem Based Learning
(PBL), Discovery Learning (DL).


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 74 RAH
2018SB0074.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
74 RAH
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
74 RAH p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Berpikir kreatif siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. dan Rita Istiana, S.Si., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?