Skripsi Biologi
Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL)
ENDAH SRI RAHAYU. 036114061. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Rita Istiana, S. Si, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Oktober 2018. Populasinya adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Cibungbulang Tahun akademik 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, karena semua kelas X bersifat Homogen. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 36 siswa, dan X MIA 2 yang diberikan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan jumlah 35 siswa. Perolehan nilai rata-rata N-Gain pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diperoleh hasil sebesar 65 dan Discovery Learning (DL) diperoleh hasil sebesar 46. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 2,85 sedangkan ttabel sebesar 1,66 sehingga diperoleh nilai thitung > ttable, dengan demikian hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL).
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif siswa, Problem Based Learning
(PBL), Discovery Learning (DL).
2018SB0074.C1 | 74 RAH | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain