Skripsi Biologi
Analisis Sequential Eksplanatory Tentang Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar
INDRIYANI. 036114001. Analisis Sequential Explanatory Literasi Sains Siswa
ditinjau dari Motivasi Belajar. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah
bimbingan Dr. H. Eka Suhardi, M.Si, dan Muhamad Taufik, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory
kuantitatif-kualitatif yang terdiri atas 2 variabel yaitu Motivasi Belajar sebagai
variabel bebas (X) dan Literasi sains sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan informa si mengenai seberapa besar hubungan antara
motivasi belajar dengan literasi sains. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei -
Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA
Negeri Se-Kecamatan Cileungsi tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel
sebanyak 192 responden. Pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik
Proporsional Random Sampling kriteria Slovin. Data penelitian kuantitatif diperoleh
menggunakan questioner dengan skala sikap rating scale untuk variabel Motivasi
belajarl dan Soal Literasi sains yang mengacu pada PISA. Data penelitian kualitatif
menggunakan observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan rumus
Product Moment Person dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus
Alpha Cronbach. Analisis data kuantitatif dengan perhitungan statistik deskriptif, uji
prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas
dengan uji Bartlett. Sedangkan analisis data kualitatif dengan mereduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian hipotesis data menggunakan uji
korelasi dengan rumus Product Moment Person dengan bantuan SPSS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan
literasi sains dengan persamaan regresi Ŷ = -227,53 + 3,601x. Nilai koefisien korelasi
(r) = 0,635 dan r2
= 0,403 dengan nilai interpretasinya kuat. Harga r2 mengandung arti
bahwa 40,3% literasi sains siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar, sedangkan 59,7%
dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci : motivasi belajar, literasi sains.
2018SB0086.C1 | 86 IND | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain